Mahkota berguguran

Selasa, 17 Januari 2012


Kayaknya gue jadi pingin potong pendek rambut gue lagi.


Seriusan ya, akhir-akhir ini kerontokannya makin menjadi-jadi. ()

Yang gue tau, normalnya, setiap hari rambut maksimal rontok sebanyak 100 helai.


Tapi yang gue gatau adalah berapa jumlah pasti rambut gue yang jatoh tiap harinya. Entah lebih atau kurang dari 100.
Yang jelas banyak.
Abis mandi, sisiran, ada kali rontok 10 helai.
Duduk di kampus, rontok 5 helai.
Duduk di depan komputer, rontok 10 helai.
Mandi sore, keramas, rontok 10-15 helai.
Tidur, yang gugur di bantal 10 helai.
Balum lagi yang ga terasa, jatoh di mana-mana. 
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA


Stress!

Dari apa yang gue baca, ternyata penyebab kerontokan rambut itu ada banyak. Yaitu:
Karena kebiasaan merawat rambut yang tidak baik, karena tubuh anda sedang tidak sehat, atau karena keturunan rambut rontok.


Karena kebiasaan merawat rambut yang tidak baik itu contohnya:
  • Terlalu sering menggunakan sisir yang bergerigi rapat, 
  • Terlalu sering memanaskan rambut baik itu dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron
  • Terlalu sering mengikat rambut anda dengan ketat
  • Terlalu sering mencuci rambut dalam sehari. Hal-hal diatas akan membuat kadar minyak alami pada rambut anda berkurang sehingga menyebabkan rambut mudah patah.


Karena tubuh sedang tidak sehat, yaitu misalnya:

  • Anemia
  • Obat-obatan tertentu
  • Hypo atau hyperthyroidism
  • Kekurangan kalori
  • Stres

Untuk pembahasan lebih lengkap bisa dilihat di Sumber

***

Yang bisa gue tangkap setelah membaca artikel itu sih, rasanya kerontokan rambut gue disebabkan karena anemia.
Gue ini memang langganan anemia.
Padahal gue olahraga, makan juga banyak, teteup aja tu anemia ga ilang-ilang. 
Gara-garanya cuma satu, karena gue sering telat tidur.
Padahal itu tuntutan karier -_-

Satu lagi sih, mungkin karena gue sering nyepol rambut. T.T

***

Malah salah satu temen gue bilang, setelah dia pake jilbab, rambutnya yang rontok semakin banyak.
Ga ada hubungannya sama jilbab emang, pasti itu terjadi karena rambutnya terus-terusan diikat seeeepanjang hari.

Karena itulah gue jadi merasa perlu memotong rambut gue, salah satunya untuk mengurangi beban akar rambut supaya ga terlalu keras bekerja terus-terusan menahan helaian rambut yang udah panjang begini. Dan juga supaya gue ga terlalu sering iket-iket rambut.
T,T
Sejujurnya sih sayang...
Tapi gimana?
Daripada gue botak?
Yakali masih ada yang mau sama gue kalo gue botak T.T

***

Sebenernya sih ada beberapa cara menanggulangi masalah ini.
Salah satunya dengan makan makanan yang berkhasiat untuk kerontokan rambut dan memelihara kulit kepala.
Makanan-makanan berkhasiat itu yakni:
-Telur dan daging ayam
-Gandum
-Buah kering dan kacang – kacangan
-Tauge
-Sayuran hijau
-Buah segar
-Seafood
-Salmon
-Kunyit dan jintan
-Air

Untuk lebih jelasnya, boleh dibaca di sini 

***

Gue memang akan perhatiin makanan gue juga, dan hidup lebih sehat.
Tapi untuk langkah awal, rasanya cukup perlu juga mengurangi rambut gue. Kayaknya akan lebih baik juga untuk kesehatan :p

Ngomong-ngomong jadi inget omongan orang jaman dahulu. Emangnya beneran gak sih kalo potong rambut itu = buang sial???
Adakah teori dan penelitian yang ngebahas soal potong rambut dan keberuntungan?

Kalo ada yang tau, boleh loh dikasih tau ke saya. :D

***

CONVERSATION

0 COMMENTS:

Posting Komentar

Jika punya pertanyaan, silakan post Comment di bawah ^^

Back
to top