Buku Asli dan Buku Aspal (?)

Jumat, 24 Agustus 2012

Terlalu sering keluar masuk toko buku baik toko buku megah di pusat perbelanjaan maupun toko buku sempit di pinggiran jalan dan baik toko buku baru maupun toko buku bekas rupanya cukup membuat 'intuisi dalam membedakan buku asli dan palsu' gw menjadi sedikit lebih tajam.

Seperti dalam kasus yang gw alami tadi siang di lapak buku-buku murah di kawasan S***n Jakarta.

Gw memang sering menyempatkan diri ke sana untuk hunting buku murah meriah. Biasanya sih gw selalu kesana untuk mencari komik. Tapi ternyata belakangan ini orientasi gw berubah (:p). Saat ini yang ada di list pencarian gw bukanlah komik, melainkan novel. Banyaaak sekali novel-novel baru yang menggugah minat saya ini.

Yap, buat yang belum tau, di S***n ini ga cuma ada buku bekas aja. Koleksi buku baru pun cukup lengkap. Psst... yang paling penting, harganya jauh lebih murah dibanding di toko buku besar!

Terakhir kali gw ke sana, tahun lalu, novel baru seharga Rp 44.000 bisa didapat dengan mudah (tanpa tawar menawar ngotot) dengan harga Rp 20.000. Menggiurkan sekali, bukan?
Kebetulan gw bisa dapat harga secantik itu karena yang jual adalah lapak langganan gw. Hahaha.

Cantik ya covernya? Diambil dari goodreads
Well, tapi sayangnya ketika gw kembali lagi ke sana hari ini, lapak kesayangan gw masih tutup :((. Jadi gw harus meluangkan waktu untuk melihat-lihat buku di lapak lain.

Sebenarnya sih gw bisa dengan mudah mendapatkan buku incaran gw di lapak yang paling dekat dari pintu masuk tanpa harus susah-susah mencari. Tapi sayangnya saat diperhatikan dengan lebih seksama, ada kejanggalan pada buku-buku tersebut dan gw merasa ada yang salah.

Gw pun kemudian mengurungkan niat untuk menebus buku yang sudah ada di genggaman tangan itu dan memilih berlalu mencari buku di lapak yang lain.

Kenapa?
Apa alasannya?
Dimana salahnya?

Well harus kukatakan bahwasanya buku tadi itu adalah buku aspal. Asli tapi palsu. Sekilas sama, tapi sesungguhnya berbeda.
Yes, buku yang gw temui itu memang bukan buku asli dari penerbit melainkan fotokopian. Dengan kata lain, buku itu adalah buku bajakan.
Rupanya tidak hanya satu buku, tetapi buanyak dan tersebar di hampir semua lapak.

Betul sekali. Sekarang ini bukan cuma baju dan tas yang dipalsukan dan dijual bebas. Buku pun udah  banyak banget versi KW-nya. Jadi para 'pemakan' buku yang hobi hunting di kios buku murah sebaiknya menajamkan mata ketika memilih buku. Jangan sampai tertipu membeli buku KW (yang kita kira buku asli) dengan harga yang hampir sama dengan buku asli dari penerbit. Memang sih jika dibandingkan, perbedaan harga buku KW di lapak itu dan buku ori di toko buku besar di mal bisa mencapai 50%. Tapi jika keduanya dibeli di lapak toko buku murah, perbedaan harganya sangaaat tipisss!

Masalahnya, kualitas yang kita dapat ketika membeli buku asli dan palsu itu jauuuuuuuuuh sekali berbeda. Dan yang paling utama, dengan membeli buku bajakan, kita juga merugikan penulisnya. Kan kasihan... :'(

Celakanya, ga semua pedagang buka-bukaan soal kualitas buku yang mereka jual.
Gw memang menemukan beberapa penjual yang ketika ditanya, mereka blak-blakan kasih tau kalo bukunya non-Ori.
Tapi ada pula yang berusaha membohongi para pembeli yang lugu, yang tidak tahu kalo buku yang dipajang itu tidak asli. Ketika ditanya, para pedagang nakal ini malah berusaha meyakinkan gw kalo buku palsu milik mereka itu adalah asli. Sayangnya si abang tidak tahu kalo gw sedang mengetes kejujuran dia... :'(

Mungkin gw cukup beruntung bisa memiliki alarm yang agak sensitif ketika berhadapan dengan buku non-Ori. Sayangnya yang baru gw ketahui, ternyata gak semua orang bisa membedakan buku asli dan palsu. Seperti kesaksian salah satu temen gw yang belum lama tiba-tiba bertanya bagaimana cara mengetahui ciri-ciri buku palsu.
Wah.

Gw terharu saat menyadari bahwa ternyata masih banyak pembaca yang 'ga mau beli buku bajakan' dan 'ga mau ketipu beli buku bajakan'.
Konsumen semacam ini harus benar-menar mengerti gimana cara memilih buku ori. Paling tidak mereka harus tahu kualitas barang yang mereka beli agar tidak terjebak membeli kucing dalam karung.


CARA MEMBEDAKAN BUKU ASLI DAN PALSU

Untuk bisa membedakan buku asli dan palsu sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup perhatikan ciri-ciri buku non-Ori di bawah ini:

1. Gambar cover cenderung blur dan tidak tajam.
Sebelum membeli, coba perhatikan dulu cover buku tersebut. Jika gambar yang tercetak tidak tajam atau malah blur, sudah bisa dipastikan kalo buku itu non-Ori. Karena tidak mungkin hal ini terjadi pada buku asli keluaran percetakan.

2. Tidak ada cetakan timbul di cover buku.
Point kedua ini hanya bisa digunakan jika kita sudah pernah lihat versi ori sebuah buku dan tahu bagaimana tekstur cover buku tersebut.
Tapi yang gw lihat, saat ini sebagian besar buku memiliki cover dengan cetakan timbul. Hal ini mempermudah konsumen untuk membedakan buku Ori dan non-Ori karena buku bajakan (saat ini) pastinya tidak akan memiliki cover dengan cetakan timbul. Karena seperti kesaksian salah seorang penjual yang gw temui, 'Membuat cover timbul mahal, neng'. Hihihi.

3. Kualitas kertas relatif kurang baik
Mungkin anda mengira, untuk bisa memastikannya anda harus membuka plastik pembungkus buku tersebut. Namun ternyata tidak sepenuhnya benar. Kita bisa kok melihat lewat plastik pembungkusnya.
Karena biasanya, warna kertas pada buku non-Ori itu sangat berbeda dari kertas di buku Ori. Kertas di buku non-ori cenderung lebih kusam (seperti kertas daur ulang). Lagi-lagi kita diharuskan untuk 'pay attention to details'.

4. Ketebalan buku berkurang
Point ketiga ini sebenarnya berkaitan dengan point kedua. Karena kertas yang digunakan kebanyakan berkualitas rendah yang lebih tipis dari kertas yang biasa digunakan oleh percetakan, maka hal ini berpengaruh pada ketebalan buku.
Jadi, jika anda menemukan buku yang terlihat lebih tipis dibanding buku berjudul sama yang anda lihat sebelumnya, maka buku yang anda lihat terakhir kali itu adalah buku non-Ori. Waspadalah!

5. Jilid buku kurang rapi
Yap. Perhatikan hingga ke detail jilidan buku.
Buku non-Ori sebagian besar kurang memperhatikan bagian ini.
Gw pernah menemukan satu buku yang jilidannya agak menganga. Ada pula yang masih terlihat sisa lemnya.

Susah-susah gampang sih sebenernya. Jujur gw pun masih sering ragu dalam menglasifikasikan sebuah buku itu asli atau engga.
Ketika melihat sebuah buku yang berbalut plastik dengan desain standar, kemungkinan besar kita bisa saja terkecoh akan keaslian buku tersebut. Karena buku palsu memang dibuat semirip mungkin dengan buku asli.
Tapi jika buku asli dan palsu tersebut dijajarkan, pasti kita bisa dengan mudah membedakan keduanya karena buku non-Ori dibuat dengan material yang kualitasnya jauh di bawah material pada buku ori.
Maka jelas, wujudnya akan terlihat sangat berbeda.

***

Setelah membaca ciri-ciri di atas, paling tidak kita akan punya sedikit bayangan mengenai rupa-rupa buku palsu.
Intinya, jika salah satu atau semua ciri-ciri di atas telah teridentifikasi pada buku yang ada di hadapan anda, maka buku tersebut sudah pasti bukan buku ori.

Selanjutnya terserah anda, mau lanjut dibeli ya monggo... Mau ditinggalkan pun juga ga apa-apa.
Semua kembali kepada pilihan masing-masing.

Yang jelas kita semua harus (minimal tau) paham tentang barang yang akan kita beli sehingga tiada dusta di antara kita. Eh maksudnya agar tidak ada lagi yang akan tertipu dan menipu.


Jangan sampai hak kita sebagai konsumen terenggut oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.
Jangan sampai dengan niat membeli buku ori, anda malah mendapat buku non-Ori karena terjebak dalam ketidak tahuan dan kata-kata manis dari penjual.



Well,  post ini saya buat berdasarkan pengalaman yang saya miliki.
Sama sekali tidak ada tujuan untuk merugikan siapapun.
Murni hanya ingin berbagi pengetahuan dengan sesama konsumen.


Jika tahu sama tahu, baik penjual maupun pembeli ga akan ada yang dirugikan, tho?

Semoga bermanfaat!
Selanjutnya selamat hunting!

***

CONVERSATION

25 COMMENTS:

  1. mantap sekali winny.
    paham banget dia masalah buku ori sama kw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, kaka.
      setelah baca ini jangan sampe salah beli buku kw yah. XD

      Hapus
  2. dan lihat nomor ISBN nya, ketikkan nomor tsb ke dalam kolom cari goodreads.com, biasanya jika buku asli, nomor yg kita ketikkan akan cocok/muncul sesuai dengan judul buku, jika aspal, biasanya akan muncul "no result found". Namun terkadang cara itu tidak selalu berhasil, saya pernah test masukkan nomor ISBN buku bajakan saya, dan bisa muncul sesuai judul, padahal itu jelas2 buku palsu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk tambahannya, @anonim ^^

      Hapus
  3. terima kasih ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. weh mantep. setidaknya gua bisa lebih tahu soal buku. thank you.

    BalasHapus
  5. Saya pernah beli buku pas ada bazar gramed, habis baca artikel ini,saya cek cover buknya eh ternyata buku yang saya beli covernya ga timbul T.T ga ori dong berarti ya. Sedih ama kecewa bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh tapi belum tentu itu ga ori, sis. >.<
      Soalnya banyak juga buku asli yang memang dicetak tanpa cover timbul.

      Hapus
  6. mau beli buku jadi nyasar kesini hehe... lanjutkan memberi original :)

    BalasHapus
  7. tadi sempet cari2 buku di tokped. kok harganya murah banget.. pas cek deskripsi nya memang non-ori.. kok bisa dijual bebas ya?
    iya kasihan penulisnyaa :(
    karena cita2 saya mau jadi penulis dulu, jadiiiii gak tega mau beli yang non ori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis. Aku juga pernah nemu di toko online itu.
      Udah gitu banyak yang beli :(
      Mungkin karena murah... Sedih.

      Hapus
  8. Iya Gilee buku non ori sekarang merajalela. Aku pernah beli gegara pas SMA gada duit, karena saking pengennya beli tuh. Lagian abangnya bilang lagi diskon. Eh pas sampe dirumah kertasnya buram gitu, mana kasar kalo dipegang. Tulisannya juga kabur, bau nya juga bukan bau buku, aneh gitu. Kaya kumpulan koran yang disimpan digudang.

    BalasHapus
  9. Kemaren Minggu bapak ane baru aja beli buku cak nun 50k dapet dua dipasar. Yang satu bahan kertasnya jelek kayak kertas koran. Tapi yang satunya kertasnya bagus. Memang gak enak kalo bahan kertasnya pake kertas koran. Dimata ada rasa sepet-sepetnya :3
    Mending beli yang 50k dapet 1 tapi kertasnya bagus

    BalasHapus
  10. Oh ya sis, aku kan sering ya belanja online buku, nah kalo buku repro sendiri itu ori atau bajakan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Sis,
      Setau aku repro itu termasuk buku bajakan. Tapi kadang ada juga yang dijual dengan klaim persis dengan buku asli.

      Hapus
  11. Wah..berarti aku ketipu donk.waktu aku tanya ori atau kw dijwb nya repro.aku pikir sih repro itu cetak ulang.stlh buku nyampe dirumah,aku teliti kok beda sm yg ori.masak kw,tp dibilangnya repro.duh..ketipu donk aku

    BalasHapus
  12. Kemarin saya baru beli buku ditoko buku saya siapin uangnya 100rb karna yang saya tau harga bukunya 80rb an tapi setelah sampe dan mau bayar eh satu 35rb jadi saya beli 2 seri aja langsung nah sampe rumah saya pengen baca bukunya eh pas dibuka kok kertasnya jelek covernya uga dan pas dibaca ada beberapa halamn yang gaada jadi nyesel pengen dikembsliin ya gimana udah iklasin aja lah:"

    BalasHapus
  13. Kadang buku ori pun kertas halaman juga kurang bagus mutunya, misalnya buku buku karya S K, mirip kertas koran tapi ori. Atau cover depan warnanya tidak tajam, blur, biasanya terbitan BP, ori tapi kurang bagus. Kalo saya biasanya lihat warna cetakan Tulisan dan warna gambar /photo dalam buku. Jika warna hitam putihnya buruk, kasar atau seperti tinta yg mau habis, hilang timbul, dapat dipastikan Palsu!

    Semoga bermanfaat
    Salam, www.aksiku.com - toko buku bekas online

    BalasHapus
  14. Buku repro itu buku ori atau buku non ori? Tulisaannya kwalitas bagus
    Harganya murah bgt. Beli di oshop

    BalasHapus
  15. Mau nanya nih kak....
    Kalo beli buku yg non-ori dapet pembatas buku nya engga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kim Nana,
      Kemungkinan besar tidak dapat :)
      Karena harganya murah sekali dibanding buku asli, jadi pasti akan ada pengurangan kualitas dan bonus.

      Hapus

Jika punya pertanyaan, silakan post Comment di bawah ^^

Back
to top