Thanks to


24 Januari 2012

Pas bikin kata pengantar di paper sebenernya buanyaaak banget yang mau gw tulis. Tapi kok ya kalo gw pikir-pikir kayaknya ndak lucu juga kalo kata pengantar di skripsi gw lebih dari 3 halaman dan isinya curcol semua. Makanya pas ngetik, gw tahan-tahaaaan banget supaya ga berkicau macem-macem dan bertekad untuk bikin kata pengantar 2.0 di blog ini. :))
Berikut realisasinya. Maap ya kalo agak lebay. Maklum, baru lulus, lagi norak-noraknya. :p






KATA PENGANTAR (UNRATED)

Alhamdulillahirabblil ‘alamiin. Puji syukur kehadirat Allah SWT. tanpa henti saya panjatkan dari sabang sampai merauke, dari Miyangas sampai Pulau Rote, dari kutub utara sampai kutub selatan, dan dari alaska sampai ke Australia, karena hanya karena rahmat, hidayah, serta petunjukNya, saya dapat menyelesaikan penyusunan tugas akhir ini. Sungguh, tanpaNya saya hanya selevel dengan butiran bunga pasir. 

Banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan dari penyusunan tugas akhir ini. Cucuran keringat dan air mata yang telah dikeluarkan membawa pelajaran tersendiri dalam proses kedewasaan saya. Meskipun gatau ya ini sekarang sebenernya udah dewasa atau tetep masih dalam proses. T.T

Apa yang saya hadapi selama kurang lebih empat bulan belakangan ini mungkin adalah ujian yang khusus diberikan oleh Allah SWT. Sejauh ini, empat bulan terakhir rasanya merupakan bulan-bulan terberat yang pernah saya hadapi. Bukan sulap bukan sihir, eh maksudnya bukan hiperbol, tapi ini sungguhan. Sebelumnya, belum pernah rambut di kepala saya rontok sebanyak kemarin dan semales-malesnya males makan, ga pernah sampe level kayak kemarin. Bahkan malah sebelumnya saya ga pernah yang namanya males makan. Kemarin itu pertama kalinya males makan sampe bikin nyokap  khawatir dan nyuruh makan mulu. Bahkan pake nakut-nakutin segala. 0,0
Ealah. Ini kenapa ootnya jadi  jauh banget ya.


***

Mungkin memang ada kalanya kita harus menghadapi apa yang tidak kita sukai. Karena melalui hal itu, kita bisa menarik pelajaran. Apalagi sesuatu yang baik menurut kita, belum tentu baik pula di mata Allah dan apa yang menurut kita jelek, buruk, ga asik, ga banget, dan membosankan malah bisa jadi adalah hal terbaik yang telah Allah siapkan untuk kita dan ada hal indah dibelakangnya. 


Sebagai contoh, mungkin (bukan mungkin, tapi pasti) memang Allah menyiapkan sebuah skenario sehingga saya kuliah kampus saya sekarang ini bersama teman-teman lainnya, mempelajari yang harus dipelajari di sana, dan melewati masa skripsi yang menguras segala-galanya. Walaupun sulit, tetapi sejauh yang saya ingat, perjalanan saya di kampus ini selalu diperlancar oleh Allah. Alhamdulillah selalu ada jalan untuk kesulitan yang saya hadapi. Mungkin itulah jalan yang telah disiapkan oleh Allah untuk saya. Jalan yang menurutNya terbaik untuk saya. Ada sesuatu yang bsa saya dapatkan dan saya pelajari melalui semua ini. Karena sesungguhnya selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa. Dan ketika semua ujian telah berhasil dilewati... voila! Berhasil lulus salah satu tes kehidupan! (Walaupun akan ada banyak ujian menanti di depan sana.. well, itu akan dihadapi nanti).

Buat saya, rasanya seperti dihampiri sebuah keajaiban bisa menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya saya anggap mustahil ini (Bahkan sampai sekarangpun rasanya kayak bukan kenyataan). Tetapi ternyata mungkin benar bahwa tidak ada hal yang mustahil. Meski tentunya semua ini tidak akan mungkin bisa terwujud jika tak ada zat-zat luar biasa di sekeliling saya yang telah banyak membantu. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan tugas akhir saya.


- Allah SWT. Terima kasih atas kekuatan, petunjuk, ridho, dan rahmat yang telah banyak sekali dilimpahkan selama ini. Terima kasih atas segala nikmat yang telah Engkau berikan kepada ku dan kepada keluargaku.

- Kedua orang tua, serta kakak laki-laki penulis satu-satunya, terima kasih atas bantuan yang telah diberikan, baik materil maupun non materil serta dukungan dan pengertiannya yang selama ini telah kalian semua berikan. Terima kasih telah mengerti dan tidak pernah menuntut apapun. I really appreciate that. Tak ada kata-kata yang dapat mewakili rasa terima kasihku kepada kalian. *kecup basah*

- For my beloved Bata. Terima kasih banyak selama tiga tahun ini telah bersedia menjadi partner yang setia dalam suka dan duka. Dari mulai jadi fakir bandwith di masa awal kuliah sampai berlimpahan bandwith seperti sekarang ini. Terima kasih banyak kamu tidak pernah rewel di saat saya sedang dalam puncak depresi otak yang amat sangat. Terima kasih telah menjadi laptop yang baik, ramah, dan setia :). I will always menyayangi kamu. 

- Kepada Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. DR. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara
Kepada Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc 
Kepada Ketua Program Studi Teknik Informatika, Muhammad Ainur Rony, S.Kom, M.T.I

- Kepada Ibu Noni Juliasari, M.Kom selaku dosen pembimbing. Sungguh, melalui ibu saya benar-benar belajar mengenai 'larangan menilai orang dari luarnya aja'. Dibalik sikap yang dari luar terkesan cuek, jutek, dan apapun itu, ternyata setelah saya sedikit lebih mengenal  ibu, semua anggapan tiba-tiba sirna. Walaupun Ibu Noni sedang dalam keadaan lelah dan berduka, namun beliau tetap bersedia melakukan pekerjaannya sebagai pembimbing, membantu memeriksa pekerjaan kami (Well, cerita lengkapnya cukup saya dan Allah aja yang tahu. Yang jelas, ibu Noni itu baik dan care sekali.). Dan  yang paling penting, dibanding banyak pembimbing lain, Ibu Noni adalah pembimbing yang lebih oke dan super care. Terima kasih banyak untuk bimbingannya, Bu. Dan maaf atas gangguan dari saya selama ini. :) 

- Kepada Ibu Jati Lestari, M.Kom selaku dosen pembimbing, terima kasih telah bersedia pula membimbing walaupunIbu bukanlah pembimbing In Charge untuk saya. Mohon maaf sudah sering sekali mengganggu pekerjaan ibu dengan tulisan-tulisan saya yang mungkin punya banyak keanehan. 

- Kepada Bapak Mardi Hardjianto, M.Kom selaku dosen pembimbing, terima kasih untuk ide yang bapak berikan. Walaupun ide tersebut ternyata super sulit dan membuat saya stress berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dan baru terbongkar di ruang sidang kalo ternyata Bapak sebenernya juga belum bisa membuat game itu. Tapi tetep, saya haturkan terima kasih untuk Bapak yang telah memberi ide serta banyak membimbing dan memberi pencerahan di awal masa skripsi ini.

- Kepada Ibu Sri Mulyati, M.Kom selaku dosen Penasihat Akademik yang telah menjadi dosen PA yang asik dan ga sulit ditemui (bersyukur banget dapet dosen PA yang sulit dicari kayak pengalaman beberapa temen), terima kasih selama ini suadah banyak membantu serta membimbing saya.

- Kepada Bapak Muhammad Ainur Rony, S.Kom, M.T.I.  serta Bapak Achmad Solichin S.Kom, M.T.I yang telah menjadi pembimbing sekaligus sahabat untuk KU TI 2009. 

- Kepada Bapak Drs. H. Sarmili selaku kepala sekolah SDN Kereo 2 yang ramah dan pengertian serta guru-guru dan Staf Sekolah tersebut yang telah memberikan izin untuk melaksanakan riset di sekolah tersebut. Tanpa Bapak dan Ibu sekalian saya tidak akan berhasil menuntaskan pekerjaan terakhir saya di kampus ini. Terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah kalian berikan.

- Kepada sahabat-sahabat yang selalu setia menemani dalam suka Maupun duka. Farhanah Murniasih, Firliza Razuna, Bimby Dara Asmarani, dan Kartika Yuniarti, terima kasih atas dukungan dan doa yang telah kalian berikan untuk saya. Terima kasih telah menjadi teman baik saya. :)

- Kepada Nuraisyah Destiana, Rattrian Fitragama, Aditya Eka Nugraha, dan Melsha Septavy Dana Harefa, yang telah bersedia menjadi teman yang baik dan bersedia menjadi partner dalam mengarungi kehidupan perkuliahan selama ini. Tanpa kalian, pasti saya ga akan betah di kampus dan pasti kehidupan kuliah akan terasa membosankan.

- Kepada teman-teman seperjuangan yang tergabung dalam KU TI 2009, Kalvinly, Hidayat Tullah , Dina Fitriyani, Putu Utama Sanjaya Putra, Nurul Fitria, Darius Alexander Go Reinnamah, Dini Wulandari, Cicilia Lestari, Muhamad Fauzi Nirwansyah, Erian Dwi Hartanto, Dhayani Ardyan, Wahyu Suci Anggoro, Rizki Syaifullah, Jeni Faturahman, Imron Rizki Maulana, Siti Annisa Amalia,  Rani Provitasari, Subagyo Bagus Yuwono, Wira Pebrianti, dan Syaiful Amrillah yang selama ini telah menjadi tim yang solid dan selalu bersedia menolong anggota kelas lain yang kesulitan. Karena kalian, karena adanya KU, saya seperti kembali lagi ke bangku sekolah. Merasakan pertemanan erat dalam satu kelas yang sebenarnya tidak akan bisa dialami di kampus ini.
Sungguh membahagiakan karena perbedaan suku, agama, dan ras di antara kita tidak menjadi halangan dalam pertemanan ini.  Hal ini bisa menjadi bukti bahwa perbedaan bisa membuat hubungan pertemanan menjadi semakin erat. Saya rasa, orang-orang di luar sana yang masih sibuk bertikai antar suku bisa mencontoh apa yang kita lakukan di kelas ini. :p
Saya sungguh senang bisa menjadi bagian dari kelas ini. Pengalaman di KU bersama kalian menjadi sesuatu yang berharga dan tidak akan pernah terlupakan. Semoga pertemanan kita bisa terus terjalin selamanya. Ayo kumpul-kumpuuuuullll! XD

- Kepada teman-teman terdekat yang selalu menjadi tempat curahan hati, Bintang Palupi Bellani, Yulianti, Nurul Pra Ramadinni, terima kasih atas dukungan dan doa yang kalian berikan untuk saya. Ayo, kapan kita bertemu lagi? Tak lupa untuk teman-teman yang tergabung dalam ekskul Jurnalis SMAN 90. Terima kasih dan tetap semangat mencapai cita-cita kalian!

- Kepada teman-teman dari kelompok XJ 2009.

- Kepada senior dari KU 2008, terima kasih atas bantuan yang diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung.  dan untuk junior dari KU 2010 dan 2011 terima kasih dan mari teruskan perjuangan!

- Untuk keluarga besar, di jakarta, tangerang, solo, sulawesi serta teman-teman yang telah mendoakan, terima kasih banyak untuk semuanya.

- Kepada teman-teman dan guru/dosen TK Kusuma Djaya, SDN Larangan 09, SMPN 110 Jakarta, SMAN 90 Jakarta, dan Universitas Budi Luhur yang telah banyak memberikan kasih sayangnya, bimbingan, ilmu, dan perhatiannya, terima kasih banyak!

- Kepada semua pihak yang terlibat dan telah membantu dalam penyusunan tugas akhir saya baik secara langsung maupun secara tidak langsung.


Demikianlah kata pengantar (unrated) ini saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan dan kelebihan (berlebihan maksudnya). Akhir kata, saya berharap semoga tulisan dan tugas akhir saya dapat berguna untuk orang lain.






Tangerang, 24 Januari 2013


Penulis


CONVERSATION

4 COMMENTS:

  1. Gue suka banget quote lo yang bilang "perbedaan suku, agama, dan ras di antara kita tidak menjadi halangan dalam pertemanan ini. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa perbedaan bisa membuat hubungan pertemanan menjadi semakin erat. Saya rasa, orang-orang di luar sana yang masih sibuk bertikai antar suku bisa mencontoh apa yang kita lakukan di kelas ini."
    Ini udah pernah gue bahas sama putu saat orang-orang lagi berseteru.
    Indahnya pertemanan ini, semoga ngga berakhir sampai lulus aja ya.
    KU TI 09 :X

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwooo makasih makasih.
      KU TI 09 itu kan perwakilan bhinneka tunggal ika. hahahha :))

      Yuk kita bikin arisan, cyin~

      Hapus
  2. hahaha, bener banget.

    yuk, seriusan nih gue ngajakkinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw juga serius banget nih.
      berangkat bsk juga ayo deh. #lho

      anak2 pada mau ga ya?

      Hapus

Jika punya pertanyaan, silakan post Comment di bawah ^^

Back
to top