Jelajah dan Wisata Kuliner Kota semarang dalam sehari






Sudah pernah ke kota Semarang? Berniat mengunjunginya dalam waktu dekat ini?
Untuk kamu yg mau berkunjung ke Semarang tetapi no idea mau ke mana dan makan apa, boleh banget 'contek' itinerary selama melancong sehari di Kota Semarang beberapa waktu lalu.



07.00 Soto Bokoran
Usai bangun tidur dan berbenah diri, bersiaplah untuk langsung menuju Soto Ayam Bokoran. Jangan sampai terlambat karena kamu akan kehabisan soto yang legendaris ini. Soto ini sangat terkenal di Semarang, dengan kuahnya yang gurih dan campuran kuah kecap yg legit menjadi sebuah perpaduan yang juara banget. Apalagi jika ditambah dengan sate hati ayam, telur, dan jerohan yang konon dimasak berjam-jam. Pastinya akan membuat lidah kamu semakin bergoyaaang.

Semangkuk soto dengan nasi cukup ditebus dengan selembar uang 10 ribu! Jika kamu mau tambah dengan sate-sate, tinggal tambah 5 ribu rupiah untuk 1 tusuknya.

Memang memerlukan usaha ekstra untuk bisa mencicipi soto ini, jadi jangan kaget jika nanti kamu menemukan antrian panjang dan orang-orang yang berdesakan di tempat ini. Tetapi tenang saja, semua usahamu pasti akan terbayar dengan kelezatan yang didapat. 
Ga heran jika datang terlalu siang soto ini sudah ludes terjual. Apalagi sajian satenya, kami saja yang datang sejak pagi sudah hampir tidak kebagian. 
Kebayang dong betapa istimewanya soto yang satu ini?



Soto Bokoran

08.00 
Setelah puas menyantap Soto Ayam Bokoran, siapkan kakimu karena kita akan memulai perjalanan ke klenteng Tak Hay Sie dengan berjalan kaki. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit dan sepanjang perjalanan, mata kita akan disuguhi dengan pemandangan kawasan pecinan dengan bangunan-bangunannya yang khas.


08.45 
Sesampainya di klenteng, bersiaplah untuk mengambil foto. Untuk masuk ke dalam pun tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi kamu bisa bebas jeprat-jepret di luar dan dalam klenteng.



Persis di sebelah klenteng terdapat warung lumpia gang lombok yang sangat terkenal dari generasi ke generasi. Rasanya yang lezat membuat warung ini juga tidak pernah sepi. Bersiaplah menunggu lama untuk sajian lumpia yang sangat lezat ini. Walau begitu, lumpia ini benar-benar Worth to Try! Ga heran para pengunjungnya rela berlama-lama mengantri di depan toko.
Jika kamu bermaksud untuk membawa pulang lumpia ini sebagai oleh-oleh, sebaiknya kamu memesan via telepon sejak pagi karena untuk menunggu lumpia ini selesai dibuat bisa memakan waktu 2 jam jika sedang ramai pengunjung. 

Selagi menunggu sajian lumpia kita juga bisa memesan es cao yang segar yang terletak sejajar dengan toko lumpia gang lombok. Es ini berisi buah-buahan, cincau, kelapa muda, manisan mangga, dan sirup yang segar. Nyam!



Menu




09.50 
dari gang lombok kita akan berjalan menyusuri sungai hingga ke jalan pemuda. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 km dan dapat ditempuh selama 30 menit dengan berjalan santai.

Di jalan pemuda kita bisa mampir ke toko lumpia mbak lien dan toko oen. Jika sudah merasa lapar setelah berjalan, cicipilah cemilan dan es krim klasik di toko oen.






Jika masih ada tempat kosong di perutmu, coba kantongi beberapa potong lumpia mbak Lien yang terletak tidak jauh dari toko oen. Lumpia mbak Lien juga cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar. Karena perut sudah cukup kenyang, kami hanya menyempatkan diri mampir sebentar untuk membeli beberapa bungkus lumpia titipan teman yang kangen dengan mbak Lien. 




11.50 Menuju Masjid Agung Kauman
Tanpa terasa matahari ternyata sudah sangat tinggi. Tandanya sudah dekat dengan waktu azan zuhur. Bagi umat muslim bisa mampir ke masjid agung kauman semarang untuk menunaikan shalat zuhur berjamaah. Jaraknya tidak jauh dari warung lumpia mbak lien dan toko oen. Kita bisa memilih lewat jalan kecil di belakang toko lumpia mbak lien yang ujungnya langsung ke depan gerbang masjid agung.

Sumber: http://www.semarangplus.com/

13.30 jalan ke gereja blenduk kota lama smg
Usai menunaikan shalat zuhur, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju kota lama semarang.
Jaraknya tidak terlalu jauh dari masjid agung. Keluar pintu yang berada di seberang alun-alun dan jalan sedikit ke arah jalan besar, kita akan dihadapkan ke sebuah perempatan. Dari perempatan itu Kita tinggal ambil jalan ke kanan dan lurus saja untuk menuju kota lama.

14.00
Dari kejauhan terlihat bangunan-bangunan berarsitektur klasik khas Kota Lama Semarang. 
Tak jauh dari jembatan, kita akan menemukan Gereja Blenduk atau GKI Immanuel yang menjulang indah sekali.





Setelah puas menjelajahi Kota Lama, kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati santapan di Sate kambing 29 kota lama atau ikan bakar Cianjur yang terletak Di seberang Gereja Blenduk.

16.00 Menuju Klenteng Sam Poo Kong 
Lokasi Klenteng Sam Poo Kong cukup jauh dari Kota Lama semarang jika ditempuh dengan berjalan kaki. Yaitu di  Karena itu kita bisa menyewa taksi atau menggunakan motor untuk menuju ke sana.  Kira-kira perjalanan memakan waktu sekitar 20 menit.

Kelenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Agak heran juga sih, jadi pak cheng Ho ini kan Muslim, tapi mengapa bekas markas beliau malah... Ah sudahlah.







18.10 Menuju Toko Oleh-oleh
Jalan Pandaranan merupakan pusat oleh-oleh yang terkenal di kota semarang. Di tempat ini Kita bisa menemukan semua makanan khas kota Semarang. Mau cari apa? Bandeng, wingko babat, tahu bakso? Bahkan makanan khas daerah lain pun bisa kita temukan di sini. Sebangsa basreng, bakpia, keripik singkong, sale pisang. Agak random memang.
Jadi jika sudah tiba di sini, dekap erat dompetmu untuk menghindari kebangkrutan di kemudian hari.

19.00
Setelah berbelanja, waktunya kembali mengisi perut. Dari Jalan Pandaranan kita akan menuju ke Waroeng semawis. Kita bisa menyetop taksi dan menempuh perjalanan sekitar 10 menit.

19.15 Waroeng Semawis
Warung atau Kampung semawis adalah kawasan pecinan yang disulap menjadi pasar malam. Sepanjang jalan kita bisa menemukan makanan yang unik dan menarik. Dari yang biasa banget sampai yang belum pernah ada di Jakarta. Dari yang halal sampai yang non halal pun ada.

Sup buah yang menarik hati
Cumi (yang akan di-)Bakar
Kawasan ini recommended banget untuk dikunjungi jika kamu sedang ada di semarang. Tapi Kampung semawis hanya ada di akhir minggu. Jadi jangan kaget jika kamu tidak bisa menemukannya di hari senin sampai kamis.
Cat: Buka setiap akhir pekan (hari Jumat – Minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB, 

Setelah puas makan-makan di kampung semawis, tak terasa malam semakin larut, pertanda sudah waktunya kita berpisah.


Perut sudah kenyang, berakhir pula petualangan sehari di kota Semarang. 

Jadi, sudah tau mau ke mana aja saat berkunjung ke kota semarang? 
Jangan lupa bagikan ceritamu.
Selamat berwisata!

***


CONVERSATION

2 COMMENTS:

  1. Menyenangkan banget ya bisa sekalian kulineran di semarang dlm sehari.. aku blm sempat kulineran waktu kesemarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di semarang banyak bgt makanan enak. Jadi pingin balik lagi deh... :(

      Hapus

Jika punya pertanyaan, silakan post Comment di bawah ^^

Back
to top