Ketipu Online Shop


Senin, 4 Juli 2016

Bertahun-tahun berurusan dengan Online Shop membuat gw cukup pede untuk belanja online di situs manapun. Transaksi yang gw lakukan belum pernah berakhir mengecewakan.

Namun sepandai-pandainya tupai bekoprol di udara, akhirnya bisa nyungsep juga. Tibalah hari di saat gw terjerumus dalam lubang hitam onlineshop.

Ceritanya waktu itu Erian lagi keranjingan banget sama samyang dan dia minta ke gw untuk cariin di Onlineshop. Sebenernya di Lotte juga pernah jual itu mie dan kita pernah sempet beli, tapi begitu kita mau beli lagi, ternyata stoknya udah kosong. Terpaksalah kita cari di tempat lain, karena ngidamnya musti diturutin.


Sebelumnya kita udah sempet pesan di Tokped, tapi ternyata setelah beberapa hari order kita dibatalin. Entah karena ga ada barang, atau karena penjualnya kewalahan nerima order, atau karena orangnya udah ga jualan lagi. Gw pun akhirnya browsing-browsing di Instagram dan menemukan satu toko yang jual samyang dengan harga murce banget. Cuma 10 ribu. Udah gitu penawarannya surga banget. 100 ribu dapat 10, 150 ribu dapat 15 dan gratis 1 ditambah free ongkir. Follower dia pun udah ribuan dan ketika Gw cek, testinya juga ada meski cuma sedikit.

Erian pun setuju untuk pesan di situ. Dia mah oke-oke aja sama pilihan gw, kayaknya dia ga mau nyari sendiri jadi pasrah aja apapun yang gw kasih.

Dan akhirnya gw beli 15 BIJIIIIII!!!!
Tanpa menaruh curiga sedikitpun.





Waktu awal-awal chat sih dia balesnya cepet banget, tapi setelah gw kelar transfer, menghilanglah dia tanpa pesan. Boro-boro ngasih resi, chat gw selanjutnya cuma dibaca doangggggggggg!!!!
Positif lah gw kena tipuuuuuuuu.
Jelas dia bisa ngasih free ongkir, wong memang ga pake ongkir.

Sebenernya ini kejadian udah 2 bulan yang lalu, tapi kalo inget lagi kayaknya gw masih esmosi. Gw bukan kesel sama itu Tuti, tapi gw kesel sama diri gw sendiri. Kok bisa-bisanya gitu gw percaya-percaya aja sama penjual gak jelas gitu. Begitu gw sadar kena tipu, gw cerita ke Eri dan dia cuma bilang, "Yaudah, uang kamu diganti pake duit jualan aja. Mungkin dia lagi butuh banget."
T.T
Gimanaaaaa coba.
Gimanaaaaa!!!
Gw harus apaaa.

*Tarik nafaaaas... Buang.

Kalau gw perhatikan di akun blacklist onlineshop di instagram ternyata banyak banget yang kena tipu juga sama si Tuti penjual samyang! Emang duit gw yang hilang ga sampe jutaan sih, tapi coba deh diitung. 100 ribu dikali 10 orang aja udah satu juta. Kalo sehari dia bisa menjaring 10 orang, sebulan udah bisa kipas-kipas duit. Luar biasa banget kan pendapatan dari tipu menipu makanan import ini.

Banyak yang ga menaruh curiga, secara harganya masih sangat masuk akal walaupun jika dipikir dengan logika tak akan ada yang bisa kasih harga segitu kecuali jualan Ind*mie isi dua yah. Ditambah free ongkir pula yang tentunya amat sangat too good to be true.

Dan ini adalah identitasnya si Tuti pada saat gw berurusan dengan dia.

Akun IG : Ganti-ganti teruuus. Waktu gw beli, username-nya @anekajajananimport. Entah sekarang namanya apa.
Line : snackimportonline
Rekening : Bank Syariah Mandiri (BSM) - 7098343533 a/n RAMDAN PERMANA
Hati-hati ya kalau bertemu dengan rekening di atas. 100% Tuti!

Tapi sepertinya sekarang modus mereka sudah berubah, yaitu hanya menerima pembayaran via pulsa dan nomor telepon mereka pun berganti-ganti. Gemes ga siiiih?
Memang sih info di atas agak kurang membantu karena dia ini sangat licin seperti lantai kamar mandi yang setahun belum disikat. Line, username IG, bahkan WA, dan Rekening Bank terus berganti-ganti. Tapi gw berharap informasi ini bisa mengurangi pendapatan dia.

***

Pasca kena tipu itu akhirnya gw berusaha untuk ikhlas dan melupakan si Tuti. Semua ini juga jadi pelajaran untuk gw agar tidak tergoda harga murah dan free ongkir yang tidak masuk akal.

Ajaibnya (bukan ajaib juga sih), di bulan Ramadhan ini usaha jualan kita jadi lebih lancar, sepertinya itu cara Allah mengganti apa yang telah diambil oleh si Tuti itu. Terharuu.

Semoga uang kami berguna buat kamu dan semoga segera mendapat balasan dari apa yang kamu perbuat ya, Tuti!


***


CONVERSATION

0 COMMENTS:

Posting Komentar

Jika punya pertanyaan, silakan post Comment di bawah ^^

Back
to top