Oleh-oleh BBW ( Big Bad Wolf ) 2017



23 April 2017


Kembali lagi ke Big Bad Wolf (BBW) Book Sale Jakarta 2017 setelah setahun berlalu.
Masih di tempat yang sama, yaitu ICE BSD.
Tahun ini pameran berlangsung dari tanggal 21 April - 2 Mei selama 24 jam setiap hari! (Kecuali di tanggal 21 april) Dan klaimnya yaitu selama 280 jam nonstop.


Gilanya lagi, tahun ini dibuka 4 hall khusus untuk acara BBW.
Dibanding tahun 2016 yang cuma 1 hall, tentu tahun ini lebih besar dan lebih banyak buku.
Tau ga berapa banyak? Lima juta buku!
*Berenang di lautan buku~
Source: tempo.co
Yang mau datang ke bazaar ini, persiapkan uang cash secukupnya dan kartu mandiri. Karena di sini hanya menerima kartu mandiri dan kartu BCA adalah tabu! Bahkan di pintu masuk ditempel gede-dede:
"Tidak menerima Debit BCA"
Apalah artinya diriku ini yang hanya menggunakan BCA (untuk belanja).. :(

Yang gw perhatiin, pameran tahun ini harganya lebih banyak seragam. Novel-novel import (hampir) all item 65k. Buku anak-anak juga kebanyakan 65-75, kecuali buku anak-anak yang tipis-tipis itu harganya 30-50k. Tapi tentu ada juga buku anak yang di atas 100k.
Dan di BBW ini yang jadi primadona tuh memang buku anak-anak. Gw melihat banyak banget bapak-ibu yang ngebeliin anaknya buku sampai full satu troli. Entah berapa yang musti dibayar.
Duh aku iri~

Tapi kabar baiknya, tahun ini penataan buku lebih teratur dan selalu dijaga dan sering dirapikan oleh mba-mba dan mas-mas pramuniaga, jadi ga terlalu banyak buku yang berantakan.
Berbekal Pengalaman tahun kemarin, ternyata tahun ini jadi bisa lebih baik.

Di bazaar ini buku-buku dikelompokkan menurut genrenya dan terpampang di tiap meja dengan tulisan gede-gede yang dari jauh aja bisa keliatan. Jadi kalian bisa langsung menuju ke genre favorit kalian tanpa harus susah-sudah cari.
Yang gw ingat, kemarin tuh ada beberapa genre, General, Non fiction, Architecture & design, Transportation, Young Adult, Fantasy, Romance, Graphic novel, Children Reader, Activity books. dan Masih banyak lagi yang tidak kuingat.



Di Bazaar ini juga ga cuma ada buku import. Ada buanyaaaak banget buku terbitan mizan dari mulai buku cerita anak, agama, novel, masak, kerajinan, traveling, dan masih banyak lagi. Dan diskonnya juga gila banget.
Mulai dari 2 ribu perak!
Sungguh, gw nemu komik harga segitu dan akhirnya dibeli sama cowo gw walaupun ga tau sih itu isinya apa.

Jangan lupa persiapkan tenaga lebih untuk antrean di kasir. Karena antreannya unpredictable.
Kalau pas lagi ramai, bisa mengular sampai ke cone-cone merah itu dan membludak sampai luar area kasir. Malah sebelumnya gw baca ada yang antre kasir selama 3.5 jam!
Gilaaaaa..
Pas gw antre sih ga terlalu parah. Di depan gw ada sekitar 5 orang gitu dan ada 2 kasir. Lalu ga lama kemudian dibuka tambahan 1 kasir lagi dan gw bisa langsung maju ke depan.

Tapi yang bikin ga adil adalah, orang di belakang bisa langsung maju ke kasir yang kosong kalau dia jeli lihat kasir yang kosong.
Jadi sistem kasirnya itu ga bener-bener diatur first in first out. Harusnya bisa lebih cepet dan fair buat yang udah antre duluan.

***

Tapi serius ya, Bazaar ini salah satu yang selalu sukses banget bikin BSD macet cet (selain AEON). Kemarin sungguhan, BSD maceeeeeet parahh banget. Dari mulai masuk area BSD, arah keluar tol sampai lampu merah giant sih memang biasanya panjang yah macetnya. Dan setelah lampu merah ke kiri cukup lancar sampai AEON.
Tapi hari ini, begitu sampai bertemu jembatan the breeze, mulai lagi ketemu macet sampai lampu merah arah AEON.

Setelah lampu merah lagi-lagi disambut macet sampai ke froggy dan makin cihuy sampai di depan ICE. Orang-orang yang mau keluar dari AEON rasanya musti tunggu berjam-jam karena ketahan di ujung jalan.

Membawa motor adalah pilihan yang tepat, karena kalau bawa mobil, dari mulai keluar tol sepertinya bisa makan waktu dua jam untuk bisa masuk ke parkiran ICE.
Sadiiis...

Untuk pengguna motor, kalian bisa parkir di Hall 1. Tarif parkinya 10k - sampai bosan.


Karena bazaarnya di hall 7, dari hall 3A itu kalian bisa menuju pintu yang ada eskalatornya dan langsung tembus ke hal 5. Jalannya ga terlalu jauh dan ga perlu panas-panasan.

Sebelum masuk ke area bazaar, gw memutuskan untuk isi perut dulu di food trucknya doner kebab. FT ini ada di sebelah hall untuk disney on ice (kalo ga salah di hall 6.5 deh *mulai ngarang).
Jadi tempatnya cukup sepi dan ga perlu antre lama-lama. Tapi food court ini hanya menerima pembayaran uang tunai. Jadi persiapkan uang cash ya.

Selain di sini, food court juga ada di hall 7. Tapi yang gw perhatikan, di hall 7 lebih ramai dan penuh. Antreannya juga lebih panjang. Jadi walaupun sedikit lebih jauh, yang lebih kosong tetap lebih oke karena ga perlu buang banyak waktu untuk nunggu dan ga perlu susah payah cari tempat duduk. Kalau lapar, silakan coba mampir ke FC sebelah hall 7 yah. Siapa tau ketemu yang antreannya lebih sedikit.


Di tengah hiruk pikuk persiapan menjelang hari eij, Alhamdulillahirabbil Alamiiiin ternyata masih dikasih kesempatan berkunjung ke Big Bad Wolf (BBW) Book Sale Jakarta.

Basically kita berdua memang suka baca.
Bedanya, gw suka buku apa aja, kalo si Racap sukanya komik doang. Tapi karena itu dia selalu mau dan dengan suka rela gw ajak-ajakin ke pameran buku.
Walaupun awalnya dia bete karena jauh, tapi pas sampai di sana ternyata kalap jugaa.

Hasil perburuan hari ini
Yuhuu
Sampai jumpa lagi di BBW 2018 jika ada rezeki insya Allah.
Amiin..


CONVERSATION

0 COMMENTS:

Posting Komentar

Jika punya pertanyaan, silakan post Comment di bawah ^^

Back
to top